Jenis Sablon Rubber


Jenis sablon ini sering dikenal dengan sablon karet, sifatnya menutup serat kain dan timbul serta hasil sablon yang elastis. Sablon ini banyak digunakan khusus untuk sablon diatas kain gelap. Sebab tinta ini bersifat pekat, dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber umumnya digunakan untuk underbase, underbase sendiri difungsingkan sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna-warna. Biasa juga disebut sablon karet(GL).

Kelebihan Sablon Rubber
  1. Harga Terjangkau. Kalau di bandingkan dengan tinta sablon lainnya, harga tinta rubber ini lebih murah. Tinta plastisol contoh nya, harga tinta plastisol berkisar antara Rp80.000 – 250.000/kg (sesuai dengan merk dan kualitas). Sedangkan harga tinta rubber sendiri pada umumnya hanya berkisar Rp50.000-Rp100.000/kg (sesuai dengan merk dan kualitas). Tidak heran dengan perbandingan harga yang mencolok ini, harga barang yang di sablon menggunakan tinta rubber jauh lebih murah dari pada yang lain nya. Bahwa sifat rubber adalah tidak jauh dari karet, yaitu elastis. Maka tak heran, jika sablon ini paling tepat di gunakan pada kain yang bersifat elastis pula, karena jika dalam jangka waku tertentu kain mulai melar, sablon ini akan tetap mengikuti bentuk kain tersebut.
  2. Cepat Kering. Sablon rubber ini juga mudah kering bahkan cepat kering dibandingkan dengan sablon lainnya. Terutama dengan menggunakan mesin heat press dengan suhu 120 derajat, tinggal hitungan detik sudah mengering.
  3. Perawatan Mudah. Buat kamu yang sering mengeluh dalam masalah menyetrika kaos yang ada sablonannya, dan takut akan luntur bahkan lengket di setrika, jangan khawatir dengan sablonan rubber. Karena perawatan untuk sablon ini sangat mudah dan praktis.
  4. Mudah Diperbaiki. Karena tinta rubber ini berbasis air jadi tinta ini akan sangan mudah di bersihkan menggunakan air selagi masih basah, jadi kita tinggal menunggu kaos kering dan melakukan penyablonan lagi tanpa harus mengganti dengan kaos yang baru.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer